Berita Politik

Hanoman Jadi Maskot Pilkada Gianyar 2024, Begini Maknanya

REDAKSIBALI.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar resmi meluncurkan Hanoman sebagai maskot dan meluncurkan jingle untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar tahun 2024. Kegiatan berlangsung di alun-alun Kota Gianyar, padaMinggu (2/6/2024).

Ketua divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Gusti Bagus Agung Swandhita menyampaikan bahwa peluncuran tahapan, jingle dan maskot ini merupakan sebuah hajatan yang penting.

“Karena selain untuk meningkatkan atensi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, maskot dan jingle ini nanti akan menjadi sarana sosialisasi agar pesan-pesan atau informasi terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan kepala daerah dapat sampai ke masyarakat melalui media yang dapat diterima dengan mudah,” terang Bagus.

KPU Gianyar memilih karakter Hanoman sebagai maskot karena dianggap sebagai representasi yang paling ideal dari karakter penyelenggara yang jujur, adil, mandiri, tekun, ulet, pekerja keras, cerdas, cekatan, profesional dan berintegritas.

Jingle Pilkada Gianyar tahun 2024 dibuat oleh band KIS yaitu salah band lokal Gianyar yang memang cukup dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak muda.

“Untuk jingle kita memang berharap bisa dibawakan dalam format full band sehingga nanti bisa lebih ‘nge-beat’ dan yang mendengar jadi lebih bersemangat,”ungkap Bagus Swandhita.

“Untuk jingle kita memang berharap bisa dibawakan dalam format full band sehingga nanti bisa lebih ‘nge-beat‘ dan yang mendengar jadi lebih bersemangat,”sebut Bagus Swandhita.

Melalui jingle ini, Bagus berharap informasi kunci tentang penyelenggaraan Pilkada di Gianyar dapat sampai ke publik.

Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura menyampaikan bahwa pelaksanaan hajatan pemilihan serentak untuk Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Peluncuran ini merupakan momentum untuk kita menggaungkan Pilkada ke masyarakat, dari stakeholder yang hadir harapannya bisa memberitakan ke daerah hingga jajaran masyarakat di bawah,” terangnya.

Selain itu, Wayan Mura juga mengatakan bahwa selain dilaksanakan oleh penyelenggara, sosialisasi informasi Pilkada perlu peran dari stakeholder. Oleh karena itu ia mengharapkan segenap masyarakat, instansi maupun organisasi kemasyarakatan dapat bersinergi dengan KPU Gianyar untuk dapat mensukseskan program-program dari KPU Gianyar.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengharapkan Pilkada ini berjalan dengan maksimal dan sesuai target kita.

“Harapan kita Gianyar bisa mendongkrak partisipasi pemilih terbanyak dan proses Pilkada kita tidak masuk ke MK itu, harus menjadi terbaik di Indonesia seperti Pilkada yang lalu,” harap Lidartawan

Sekretaris Daerah (Sekda) Gianyar, Dewa Gede Alit Mudiarta se PJ Bupati Gianyar menyampaikan bahwa peran pemerintah juga turut hadir dalam Pilkada Serentak 2024.

“Sebuah prestasi bagi kita Pemilu sudah sukses di Gianyar, tentu di Pilkada juga harus sukses, pemerintah wajib mensukseskan Pilkada ini, kita sebagai bagian dari masyarakat harus menjunjung asas Jujur, adil, langsung, umum dan rahasia serta aman dan damai,” ungkapnya .(GR*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *