Politik

Pemungutan Suara Ulang di TPS Butet: Ganjar-Mahfud Kena Comeback Prabowo-Gibran

RedaksiBali.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 32 Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta telah menimbulkan kontroversi. Pasangan calon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud, harus menghadapi kenyataan pahit dari comeback Prabowo-Gibran.

TPS 32 menjadi sorotan karena merupakan tempat tinggal budayawan Butet Kertaredjasa yang dikenal sebagai pendukung Ganjar-Mahfud. Namun, hasil PSU di tempat tersebut menunjukkan perubahan signifikan dibandingkan dengan hasil pada Pilpres 2024 yang digelar pada tanggal 14 Februari sebelumnya.

Menurut keterangan dari anggota KPPS TPS 32, Ikhsan, dalam Pemungutan Suara Ulang tersebut terdapat 98 suara yang masuk. Prabowo-Gibran memperoleh 49 suara (51,57%), sementara Ganjar-Mahfud hanya mendapatkan 35 suara (36,84%), dan Anies-Muhaimin dengan 11 suara (11,57%). Terdapat juga tiga suara yang tidak sah.

Reaksi dari masyarakat pun bermacam-macam. Ada yang mengekspresikan rasa tidak terima atas hasil tersebut, dengan beberapa komentar yang menunjukkan kekecewaan dan kebingungan atas perubahan hasil yang drastis.

Sebuah unggahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (26/2/2024) mengenai hasil real count Pilpres 2024 menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran masih memimpin dengan signifikan, mengumpulkan 74.923.175 suara atau 58.84% dari total suara yang masuk. Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan perolehan suara 31.133.302 atau 24.45%. Ganjar-Mahfud, yang sebelumnya unggul pada Pilpres, kini berada di posisi ketiga dengan perolehan suara 21.271.360 dan presentase 16.71%.

Dengan hasil ini, kembali terbukti bahwa dinamika politik dalam Pemilu 2024 tetap memunculkan kejutan dan pergeseran yang signifikan. Pasangan calon pun terus berupaya mengonsolidasikan basis dukungan mereka demi meraih kesuksesan dalam kontestasi politik yang semakin ketat.

PKS Bantah Nasdem Soal Cawagub Anies, Cawagub Harus Sohibul Iman

Peluang Koalisi NasDem, PKB, PKS, dan PDIP Dukung Anies di Pilgub DKI,Pasti Menang

PKS Pasangkan Anies dan Sohibul Iman di DKI, Mau Koalisi dengan Siapa?

Elektabilitas Anies Baswedan dalam Berbagai Survei sebagai Calon Gubernur Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *