BeritaInternasional

UNICEF Kerahkan Staf dan Peralatan Medis untuk Menanggapi Kasus Baru Ebola di Kongo Timur

REDAKSIBALI.COM –  Badan Perserikan Bangsa-bangsa yang menangani anak-anak yang kurang beruntung UNICEF bekerja sama dengan Pemerintah dan mitra di provinsi Kivu Utara menyusul pengumuman oleh Kementerian Kesehatan Republik Demokratik Kongo tentang kematian seorang ibu berusia 42 tahun

Dalam siaran persnya Minggu (7/2) kemarin, UNICEF mengerahkan staf tambahan dan bersiap untuk mengirim peralatan medis dan pasokan ke Kivu Utara menyusul konfirmasi kasus baru Ebola di negara Kongo  timur.

UNICEF juga membantu upaya untuk melacak  semua orang yang melakukan kontak dengan korban, seorang wanita berusia 42 tahun, dan bekerja erat dengan otoritas kesehatan setempat untuk mendukung mobilisasi masyarakat, mekanisme pengendalian infeksi dan kegiatan dekontaminasi.

Disampaikan pula, staf dari kantor UNICEF di Beni sudah berada di Butembo untuk mendukung Divisi Kesehatan Kivu Utara.

Staf Komunikasi Pembangunan UNICEF tambahan akan melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak untuk memobilisasi tanggapan masyarakat, memberi tahu publik tentang tindakan darurat apa pun yang perlu diambil dan mendukung jaringan pelacakan dan penelusuran pemerintah daerah sehingga orang-orang yang diharuskan menerima vaksin Ebola diberitahu.

UNICEF saat ini sedang mengatur pengiriman peralatan medis dan perbekalan yang akan dibawa ke daerah bencana dari Mbandaka, di provinsi Equateur.

Otoritas kesehatan Kongo mengatakan kasus baru merupakan  istri seorang korban Ebola. Dia pergi ke pusat kesehatan Biena, 90 km barat daya Butembo, pada 1 Februari dengan gejala Ebola. Dia diuji dan kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Matanda di Butembo di mana dia meninggal pada 3 Februari. Tes Gene Xpert dilakukan untuk memastikan bahwa dia mengidap penyakit tersebut.

Provinsi Kivu Utara, Ituri dan Kivu Selatan dilanda wabah Ebola paling mematikan kedua di dunia pada Agustus 2018. Itu berlangsung selama 23 bulan dan menewaskan 2.287 orang dan menginfeksi 3.470, dengan anak-anak mencakup sekitar 28 persen dari semua kasus.

Selama waktu itu UNICEF mendukung 3.812 pusat kesehatan dengan layanan air esensial, kebersihan dan sanitasi, menyediakan lebih dari 16.000 anak dengan dukungan psikososial, dan membantu menjangkau lebih dari 37 juta orang di seluruh negeri dengan informasi penyelamatan hidup tentang penyakit tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *