BeritaDaerahPendidikan

Songsong Era TI, FISIP Unwar dan Warmadewa Collage Berkolaborasi Gelar Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting  

REDAKSIBALI.COM – Perkembangan layanan informasi belum sebanding dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidangnya, yang sejalan dengan tuntutan dan perkembangan jaman saat ini. Lebih luas seorang penyiar dituntut untuk dapat menyusun dan mengemas suatu program yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas dari berbagai kepentingan. Untuk itu mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dapat menunjang kelancaran tugas secara maksimal. Selain itu kemampuan berbicara adalah salah satu hal penting yang perlu dikuasai oleh seseorang secara umum, karena sebagian besar waktu digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain terutama komunikasi lisan.

Hal itu disampaikan Dekan FISIP Universitas Warmadewa (Unwar), Drs. I Wayan Mirta, M.Si saat membuka acara Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting  di Ruang Teater Widya Mandala Unwar pada Rabu (25/8/2021).

Pelatihan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwar  bekerjasama dengan Warmadewa Collage bertujuan untuk membentuk karakter agar lebih percaya diri di hadapan kamera dan  orang banyak. Juga untuk  lebih mendalami dunia public speaking dan broadcasting.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si  dalam pemaparannya mengatakan kegiatan ini menjadi penting karena di era teknologi informasi  (TI) salah satu kuncinya yaitu berkomunikasi. Berkomunikasi tidak semata-mata antar personal tetapi berkomunikasi dengan publik,,  apa yang disebut dengan human relation dan public relation. Kedua hal ini akan bisa berjalan dengan baik apabila kita memiliki kemampuan untuk melakukan public speaking.

Pada kesempatan itu, Wisnumurti juga  menghimbau agar kegiatan  seperti ini harus menerapkan protokol kesehatan secara baik sehingga kita tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Karena hidup harus tetap berjalan dan tentu dengan pola-pola yang baru.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang Public Speaking maupun Broadcasting. Diantaranya   Erick EST  (Sutradara Film, Video Clip),  Anak Agung Gede Ananda Murti  (Second Place in TV Comercial – Tirta, Bharatika Creative Design Festival 2020), dan Agus Darma Yoga Pratama (MC, Dosen Pascasarjana Unwar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *