NasionalTeknologi

Gangguan PDN Sebabkan Chaos di Bandara, Penumpang Diminta Tindakan Ini

RedaksiBali.com – Pada Kamis (20/6), Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan yang mengakibatkan terganggunya layanan keimigrasian di berbagai unit pelaksana teknis, termasuk kantor imigrasi, unit layanan paspor, dan tempat pemeriksaan imigrasi di bandara serta pelabuhan. Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berupaya memulihkan aplikasi dan data dengan memanfaatkan backup PDN di Batam.

“Kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Silmy dalam keterangan resminya pada Jumat (21/6/2024).

Langkah-Langkah Mengatasi Gangguan
Meskipun sistem keimigrasian sedang mengalami gangguan, Silmy menegaskan bahwa pelayanan di bandara internasional tetap berjalan. Petugas imigrasi tetap melayani penumpang yang akan berangkat maupun datang, meski proses pemeriksaan mungkin memakan waktu lebih lama. Oleh karena itu, penumpang dianjurkan datang lebih awal ke bandara untuk mengantisipasi keterlambatan akibat proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan optimal.

Selain itu, masyarakat yang sudah terjadwal untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor di kantor imigrasi tetap dilayani seperti biasa. Namun, layanan percepatan paspor satu hari belum dapat dilakukan dan akan kembali beroperasi setelah sistem normal.

baca juga ….

Pembongkaran Ratusan Lapak PKL di Puncak Bogor

Pusat Data Nasional Diretas, Layanan Imigrasi Sementara Pindah ke Amazon Web Services

Kariyasa Adnyana Sosialisasikan 4 Pilar di Desa Pacung

Viral Ojol di Makassar Rela Antar Jenazah Bayi 53 KM Karena Keluarga Tak Mampu Bayar Ambulans

"Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya," tambah Silmy.

Upaya Pemulihan oleh Kemenkominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi juga mengonfirmasi adanya gangguan pada PDN. Ia menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan layanan secara bertahap.

"Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap. Saya pastikan tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," ujar Budi Arie.

Imbas Gangguan PDN
Gangguan pada PDN ini tidak hanya menyebabkan antrian panjang di imigrasi, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran bagi para penumpang yang khawatir akan ketinggalan penerbangan. Meskipun demikian, dengan upaya pemulihan yang dilakukan, diharapkan layanan keimigrasian segera kembali normal.

Tips untuk Penumpang
Datang Lebih Awal: Pastikan datang ke bandara lebih awal dari jadwal untuk mengantisipasi antrian panjang di imigrasi.
Siapkan Dokumen: Persiapkan semua dokumen perjalanan dengan baik untuk mempercepat proses pemeriksaan.
Pantau Informasi Terbaru: Selalu pantau informasi terbaru dari pihak imigrasi dan bandara terkait perkembangan situasi ini.
Dengan langkah-langkah ini, diharapkan penumpang dapat mengurangi potensi keterlambatan dan gangguan dalam perjalanan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *