BeritaDaerahPendidikan

Tingkatkan Riset Terapan, LPPM Unud Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan BARI Bali

REDAKSIBALI.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat Universitas udayana (LPPM Unud) menanandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama Kegiatan Kajian/Penelitian dengan Badan Riset Inovasi (BARI)  Daerah Provinsi Bali pada Senin (17/1/2022) di Kantor BARI Jalan Melati No. 23 Dangin Puri Kangin Denpasar.

Sekretaris LPPM Unud, Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM yang hadir saat penantanganan tersebut menyampaikan maksud dan tujuan nota kesepahaman ini. Yakni sebagai langkah awal menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka pelaksanaan kegiatan kajian dan penelitian pada Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali.

Terkait  dengan isi nota kesepahaman Ary Esta Dewi  menyampaikan masih bersifat umum.   Kegaiatan lebih detail terkait kerjasama nanti akan  diatur dalam bentuk perjanjian kerjasama.

“LPPM Unud selalu berkomitmen untuk sejalan dengan arah kebijakan Gubernur Bali dengan menjalin kerjasama yang erat dengan komponen pemerintah daerah yang terkait dalam implementasi dan hilirisasi hasil-hasil penelitian.  Salah satunya menyambut antusias kerjasama dengan BARI Provinsi Bali. Agar penelitian yang dilakukan memberikan dampak yang luas dan memberikan solusi ilmu dan teknologi yang tepat bagi masyarakat untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Bali khususnya,” ujar Ary Esta Dewi

Selain dengan LPPM Unud,  Badan Riset dan Inovasi Daerah Bali juga menadatangani  nota kesepahaman yang sama dengan Undiknas University dan Politeknik Negeri Bali

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali , Ir. I Made Gunaja, MSi  menyatakan  sejalan dengan program BRIN untuk memanfaatkan sumber daya peneliti perguruan tinggi dalam riset dan kajian yang diperlukan oleh pemerintah mengundang tiga perwakilan perguruan tinggi di Bali, yaitu Unud, Undiknas University dan Politeknik Negeri Bali.

Gunaja berharap ketiga perguruna tinggi ini bisa berkontribusi lebih luas dalam program kerja BARI Provinsi Bali dengan melakukan riset terapan sesuai dengan fokus kebijakan Gubernur Bali. Gunaja mencontohkan kajian dan  penelitian yang diharapkan  seperti dalam menangani masalah sampah, pengembangan pertanian organik, pemanfaatan renewable energy dan industri kreatif. Artinya, kajian dan  penelitian yang dihasilkan  bisa dimplementasikan,   tidak lagi hanya dalam skala laboratorium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *