BeritaDaerahSeni Budaya

‘Cak Tarian Rina’ Raih Juara 1 Lomba Film Dokumenter Biografi Seniman Gianyar 2023

REDAKSIBALI.COM – Film Dokumenter garapan tim Culture List yang berjudul  ‘Cak Tarian Rina’  meraih juara Juara 1  Lomba Film Dokumenter Biografi Seniman Gianyar 2023 dalam rangkat 252 tahun HUT Kota Gianyar. Pengumuman juara disampaikan tim juri pada Sabtu (15/4/2023) di Museum Subak Masceti, Gianyar. Karya ini menjadi yang terbaik dari  49 film lainnya yang mengikut lomba.

Kegiatan pengumuman karya film peserta lomba diawali dengan pemutaran 15 karya film nominasi dari 30 karya yang lolos tahap kurasi administrasi dan kelayakan aturan lainnya.  Pemutaran film diselingi dengan kurasi sekaligus edukasi tentang  karya film para peserta oleh tim Kurator dan Tim Juri lomba film.

Budayawan, Anak Agung Gde Rai  sebagai Kurator dalam lomba ini sangat terkesan dengan semangat generasi muda. Menurut  pemilik ArMa Museum ini, karya-karya yang dihasilkan peserta lomba sudah cukup baik,  hanya perlu penguatan siapa seniman tersebut melalui  studi  awal sebelum mengambil gambar dan editing sehingga  hasilnya lebih kuat pesan yg tersampaikan.

Lomba ini dinilai oleh tiga orang juri yakni  Samsul Hadi ‘Esa Nyonyo’, Gusti Made Aryadi dan I Made Ariasa yang semuanya sebagai penggiat film dokumenter. Dan bebrapa  kali bersama sebagai tim juri di berbagai ajang festival film di Bali.

Secara umum tim juri  mengapresiasi karya-karya  film yang masuk maupun lolos nominasi,  terlebih cukup banyak penggiat film dokumenter pemula. Tim juri menggaris bawahi  beda  antara dokumentasi dan dokumenter. Dokumentasi sebatas merekam dan dirangkai lanjut ditayangkan. Sedangkan Dokumenter ada wawancara narasumber yang bukan hanya fokus pada seniman tersebut tetapi tokoh lain yang bisa menguatkan penilaian terhadap seniman yang diangkat dari  berbagai sudut pandang. Diingatkan juga bukan hanya sekedar wawancara satu narasumber yang dirangkai menjadi sebuah  film, tetapi  wawancara yang mampu memberi dan menguatkan penghargaan terhadap seniman tersebut.

Pada saat pembukaan acara, Pemkab Gianyar melalui Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar menyatakan sangat mengapresiasi dan bangga atas karya-karya  film yang dihasilkan dari lomba.  Selain dari umum, peserta lomba juga dari kalangan pelajar, bahkan peserta dari pelajar bukan hanya dari sekolah di Gianyar, ada yang  dari Denpasar, Badung dan kabupaten lainnya. Hal ini menunjukkan minat para pelajar unruk berkarya di bidang film sangat besar. Mencermati hal ini,  Pemkab Gianyar melalui Disbud berencana akan melanjutkan program pelestarian seni budaya warisan leluhur  melalui kegiatan lomba film  ditahun tahun kedepannya.

Berikut Juara Lomba Film Dokumenter Biografi Seniman Gianyar 2023

Juara 1 : Tim Culture List, seniman I Ketut Rina,  judul  ‘Cak Tarian Rina’

Jasara 2 : Tim Karsa Film, seniman I Wayan Balawan, judul ‘The Magic Finger’

Juara 3 : TIm 6K Film, seniman I Nyoman Cerita (alm.), judul ‘Sang Maestro’

Juara Harapan 1 : TIm SMAR*TA, seniman I Wayan Wija, judul ‘STALA’.

Juara Harapan 2 : TIm Manah Creative, seniman Anak Agung Bagus Harjunanthara, S.Sn.,M.Sn., judul ‘Arjuna Sutedja’

Juara Harapan 3 : Tim SMA N Mengwi, seniman Prof. Dr. I Wayan Rai, S. MA, judul ‘Mengungkap Hidup Sang Insfirasi’.

Juara favorit Netizen dengan 3.025 like diraih Tim Abbinaya Satya Jiwatman, seniman Prof. Dr. Tjokorda Gde Raka Sukawati, SE, MM., judul ‘Rasa&Karsa: berdasar Tri Hita Karana’ (8GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *