Politik

Elektabilitas Anies Baswedan dalam Berbagai Survei sebagai Calon Gubernur Jakarta

RedaksiBali.com – Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta, kembali mencuat sebagai salah satu kandidat kuat dalam Pilkada 2024. Meskipun kalah dalam Pilpres 2024, elektabilitasnya tetap tinggi dan namanya sering muncul dalam berbagai survei terkait pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Anies sudah menyatakan kesiapan untuk maju kembali, tinggal menunggu dukungan dari koalisi partai politik yang memiliki kursi di DPRD.

Hasil Survei Elektabilitas Anies Baswedan
Sejak beberapa bulan terakhir, sejumlah lembaga survei telah merilis hasil survei mengenai elektabilitas calon gubernur DKI Jakarta. Nama Anies Baswedan seringkali bersaing ketat dengan Ridwan Kamil dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dua tokoh yang juga diprediksi akan maju dalam Pilkada 2024.

  1. Survei Proximity Indonesia
    Survei yang dilakukan oleh Proximity Indonesia pada 16-25 Mei 2024 melibatkan 800 responden dari 80 kelurahan di Jakarta yang tersebar secara proporsional. Hasil survei menunjukkan bahwa Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 18,50 persen.
baca juga ….

Gibran Mundur dari Jabatan Wali Kota Solo, Fokus Persiapan Jadi Wakil Presiden

PKS Bantah Nasdem Soal Cawagub Anies, Cawagub Harus Sohibul Iman

Peluang Koalisi NasDem, PKB, PKS, dan PDIP Dukung Anies di Pilgub DKI,Pasti Menang

PKS Pasangkan Anies dan Sohibul Iman di DKI, Mau Koalisi dengan Siapa?

Anies Baswedan: 18,50%
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): 14%
Ridwan Kamil (RK): 12,50%

  1. Survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ)
    Survei LSJ yang digelar pada 8-15 Januari 2024, saat masa kampanye Pilpres 2024, menunjukkan elektabilitas Anies berada di urutan ketiga dengan 18,4 persen, kalah dari Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini.

Ridwan Kamil (RK): 23,4%
Tri Rismaharini: 19,2%
Anies Baswedan: 18,4%
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): 8,7%
Heru Budi Hartono: 5,5%
Kaesang Pangarep: 3,9%

  1. Survei Arus Survei Indonesia (ASI)
    Survei ASI yang dilakukan dengan simulasi 15 nama menunjukkan bahwa elektabilitas Anies hanya kalah tipis dari Ridwan Kamil. Survei ini dilakukan baru-baru ini dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Ridwan Kamil (RK): 30,5%
Anies Baswedan: 29%
Heru Budi Hartono: 7%
Ahmad Sahroni: 6,8%
Tri Rismaharini: 4%
Analisis dan Potensi Anies Baswedan di Pilkada 2024
Berdasarkan hasil survei di atas, terlihat bahwa Anies Baswedan masih memiliki peluang besar untuk kembali memimpin DKI Jakarta. Elektabilitasnya yang tinggi menempatkannya sebagai salah satu kandidat terkuat. Namun, persaingan ketat dengan tokoh-tokoh populer seperti Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini menunjukkan bahwa Anies harus terus meningkatkan popularitas dan kinerjanya untuk menarik lebih banyak dukungan dari masyarakat Jakarta.

Koalisi partai politik akan memainkan peran penting dalam menentukan siapa yang akan maju sebagai calon gubernur. Jika Anies mendapatkan dukungan penuh dari koalisi yang kuat, peluangnya untuk menang akan semakin besar.

Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat kuat dalam Pilkada 2024 untuk posisi Gubernur DKI Jakarta. Elektabilitasnya yang tetap tinggi dalam berbagai survei menunjukkan bahwa ia masih mendapatkan dukungan signifikan dari masyarakat. Namun, persaingan yang ketat dengan tokoh-tokoh lain seperti Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini menjadi tantangan tersendiri. Dengan strategi kampanye yang tepat dan dukungan dari partai politik, Anies memiliki peluang besar untuk kembali memimpin Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *