KemanusiaanNasional

Viral Ojol di Makassar Rela Antar Jenazah Bayi 53 KM Karena Keluarga Tak Mampu Bayar Ambulans

RedaksiBali.com – Sebuah video yang menunjukkan aksi mulia seorang pengemudi ojek online (ojol) di Makassar viral ojol antar jenazah di media sosial. Video tersebut memperlihatkan Darmawansyah (43), seorang pengemudi ojol, yang mengantarkan jenazah bayi ke Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, karena keluarga bayi tersebut tidak mampu membayar biaya ambulans.

Aksi Mulia Darmawansyah
Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 15 Juni 2024. Dalam video yang diunggah oleh akun X @heraloebss, terlihat Darmawansyah membonceng seorang pria tua yang membawa jenazah cucunya yang dibungkus kantong plastik. Perjalanan dari RSUD Tajuddin Chalid Makassar ke Pangkep memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 53 km.

Darmawansyah tergerak untuk membantu karena teringat pengalaman keponakannya yang pernah mengalami kejadian serupa. Ia pun mengantarkan jenazah bayi tersebut dengan aman tanpa memungut bayaran.

Klarifikasi dari RS Tadjuddin Chalid Makassar
Setelah viral ojol antar jenazah, RS Tadjuddin Chalid Makassar memberikan klarifikasi terkait kejadian ini melalui media sosial. Mereka menyatakan bahwa petugas pemulasaran jenazah telah berusaha membantu keluarga dengan uang pribadi mereka. RS Tadjuddin Chalid tidak memiliki ambulans khusus untuk jenazah dan biasanya bekerja sama dengan layanan berbayar. Petugas rumah sakit akhirnya memesan ojek online untuk membantu keluarga jenazah.

“Kami sudah meminta klarifikasi dari petugas pemulasaran yang bertugas tadi siang,” tulis RS Tadjuddin Chalid Makassar melalui pesan di Instagram @rsuptadjuddinchalid. “Petugas pemulasaran kami berinisiatif menggunakan uang pribadi di dompet mereka untuk membantu pihak keluarga, karena rumah sakit tidak punya ambulans jenazah. Yang kerjasama itu berbayar, petugas juga tidak tahu kontak ambulans gratis,” ungkap mereka.

baca juga ….

Pembongkaran Ratusan Lapak PKL di Puncak Bogor

Kariyasa Adnyana Sosialisasikan 4 Pilar di Desa Pacung

Gangguan PDN Sebabkan Chaos di Bandara, Penumpang Diminta Tindakan Ini

Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Kesuma Kelakan Bangun Karakter Warga Desa Tiga

Tanggapan Netizen
Kisah ini kemudian viral di media sosial dan mendapatkan banyak pujian dari netizen. Banyak yang mengapresiasi kepedulian dan kemanusiaan yang ditunjukkan oleh Darmawansyah.

"Untuk bapak gojek dapat sejuta bintang, insyaallah pahalanya berlipat juga," tulis seorang netizen.

"Salut banget sih sama abang ojolnya, semoga setelah ini lancar rezekinya bang ojol," tulis netizen lainnya.

"Respect, semoga kebaikanmu dibalas Tuhan dengan kebaikan yang berlimpah ya bang Wawan," sahut netizen lain.

Aksi mulia Darmawansyah menunjukkan betapa pentingnya kepedulian dan solidaritas di tengah masyarakat. Kisah ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh rumah sakit dalam menyediakan layanan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Semoga cerita ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu berbuat baik dan membantu sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *